PERSEPSI ENTREPRENEURIAL LEADERSHIP TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN: STUDI KASUS PADA CNC LAUNDRY
DOI:
https://doi.org/10.64987/jiss.v5i2.72Abstract
Loyalitas merupakan hal yang sangat penting bagi keberlangsungan bisnis terutama loyalitas karyawan. Subjek dalam penelitian ini adalah pemilik dari CNC Laundry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi seorang entrepreneurial leader terhadap loyalitas karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, melalui wawancara dan studi literatur. Hasil analisis menunjukan bahwa gaya kepemimpinan kewirausahaan mempengaruhi persepsi pemimpin terhadap loyalitas karyawan. Seorang entrepreneurial leader mampu memperhatikan dan mengenal setiap karyawannya, mulai dari cara bekerja, kebutuhan karyawan, hingga cara berpikir karyawannya. Penelitian ini menunjukkan bahwa seorang entrepreneurial leader selain dapat memiliki persepsi baik terhadap karyawannya, juga dapat menghasilkan karyawan yang loyal terhadap pimpinan atau atasannya. Kepemimpinan ini tidak hanya dibutuhkan dalam usaha laundry sebagaimana yang dibahas dalam penelitian ini, melainkan juga dibutuhkan dalam menjalankan berbagai usaha baik usaha jasa maupun non-jasa (produk). Agar dapat menjaga loyalitas karyawan, pemimpin diharapkan mampu menjaga kepemimpinannya dan meningkatkan hubungan kerja dengan karyawan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Deva Aulianda Permata, Chyntia Angelina Foedarsono, Clarissa Angela Viany, Yulia Fitriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.