PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN BATIK SERASAN

Authors

  • Syahriyatul Muharromah Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam (STEBIS) Muara Enim
  • Sinta Ardhillatul Jannah Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam (STEBIS) Muara Enim
  • Yusnawati Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam (STEBIS) Muara Enim

DOI:

https://doi.org/10.64987/jiss.v7i01.101

Keywords:

Produk , Harga, Tempat, Promosi, Minat Beli

Abstract

Muara Enim menjadi salah satu daerah yang memiliki batik dengan ciri khas tersendiri, Batik ini diproduksi di Rumah batik serasan. Perkembangan batik yang pesat ini membuat banyak persaingan yang terjadi antar produsen sehingga strategi pemasaran juga sangat mempengaruhi reaksi para pembeli atau konsumen. selain itu usaha yang bergerak dibidang batik ini dipaksa untuk kreatif dan inovatif dalam produksi serta memasarkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, tempat, dan promosi terhadap minat beli konsumen batik serasan Muara Enim di Rumah Batik Serasan Muara Enim.  Penelitian ini menggunakan metode distkriptif kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 responden, Penentuan sampel menggunakan terknik sampling purposive dengan kriteria responden yang pernah membeli dan juga yang belum membeli produk Rumah batik serasan. Teknik pengambilan data dengan memberi kuesioner pada responden, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, uji t dan uji f. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel produk (X1) tidak berpengaruh signifikan yang dibuktikan melalui hasil analisis data dengan nilai sig t 0,794 > 0,05. Variabel harga (X2) tidak berpengaruh signifikan yang dibuktikan melalui hasil analisis data dengan nilai sig t 0,083 > 0,05. Variabel tempat (X3) mempunyai pengaruh signifikan yang dibuktikan melalui hasil analisis data dengan nilai sig t 0,00 < 0,05. Variabel Promosi (X4) tidak berpengaruh signifikan yang dibuktikan melalui hasil analisis data dengan nilai sig t 0,340 > 0,05.  Namun secara simultan produk, harga, tempat, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen batik serasan. Penelitian ini membuktikan bahwa marketing mix dapat meningkatkan minat beli masyarakat pada batik serasan.

Downloads

Published

2025-10-12 — Updated on 2025-10-14

Versions

How to Cite

Syahriyatul Muharromah, Sinta Ardhillatul Jannah, & Yusnawati. (2025). PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN BATIK SERASAN. Jurnal Integritas Serasan Sekundang, 7(01). https://doi.org/10.64987/jiss.v7i01.101 (Original work published October 12, 2025)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.